About

Jumat, 17 Januari 2014

Mazda CX-5 2.5L SKYACTIV G.T

Otomotif59 - Same face, same look but not the technology... Kali ini Mazda menyematkan banyak fitur canggih melengkapi varian sebelumnya, yang paling penting ia tak hanya datang dengan teknologi SKYACTIV-G saja, melainkan telah menyeluruh baik mesin, pengendalian, body, serta chasisnya. Untuk lebih jelasnya langsung simak review singkatnya.


Desain
Stylish, modern dan agresif itu aura yang kami rasakan saat melihat sosok New Mazda CX-5 2.5L SKYACTIV Grand Touring yang beberapa waktu lalu resmi dirilis oleh PT Mazda Motor Indonesia. Secara tampilan memang hampir tak ada yang membedakan dengan versi lawas, bahkan sampai emblem pengenal jati diri layaknya tulisan Grand Touring atau 2.5 pun tak disertakan.
Tatanan desain kekar terus menjalar hingga bagian buritan belakang apalagi dengan adanya penggunaan pelek pelek berdimensi 19" yang membuat sosok agresifnya makin kental, dan bila Anda jeli keberadaan pelek ini juga merupakan pembeda dari versi sebelumnya.


Masuk keruang interior, meski tak ada perbedaan signifikan namun tak ada salahnya kami bahas sedikit mengenai ruang lapang serta visibilitas yang cukup nyaman di sajikan oleh CX-5. Jok berbalut lapisan kulit krem serta paduan dashboard berwarna hitam mebuatnya terlihat kontras yang memadukan desain eksklusif ala sebuah SUV.


Performance
Langsung mengarah ke urusan performa yang menjadi top of the topic kali. Kali ini CX-5 hadir dengan sensasi baru mesin berkapasitas 2.488 cc lengkap dengan teknologi SKYACTIV. Dikombinasikan melalui tranmisi 6 percepatan otomatis FWD, CX-5 mampu menyalurkan tenagan hingga 187 dk yang lebih besar sekitar 18 dk dari CX-5 lawas, bahkan torsinya pun naik 50 Nm menjadi 250 Nm sedikit membuat kagum, torsi ini sudah dapat dirasakan pada putaran bawah 750 rpm.

Akibat torsi yang bertambah saat diputaran awal ia cukup enteng dan terkesan agresif. Membesutnya dari titik 0-100 km/jam cukup dituntaskan kurang dari 9 detik, hal membuat kami sedikit kagum pasalnya ia memiliki dimensi body yang cukup bongsor. Impresi baru juga kami temukan saat bermanuver, meliuk ditikungan tajam tak membuat ia lari atau menimbulkan kesan limbung.

Diputaran atas ia juga mampu menunjukan performa terbaiknya, sayang kami tak sampai tuntas untuk mengujinya, pasalnya rute Tol dalam kota sat itu cukup ramai. Fitur SKYACTIV Drive yang memiliki fugsi mengatur transmisi agar putaran mesin merata dan pengendalian yang sempurna kami rasakan cukup baik karena ditiap perpindahan giginya tenaga terasa tak berkurang, sedangkan bicara soal konsumsi bahan bakar rupanya Mazda telah melakukan rombakan besar pada CX-5 yang membuatnya kini jauh lebih irit berkat adanya fitur I-Stop.


Comfort
Overall, CX-5 cukup nyaman untuk dikendarai ataupun menjadi penumpang. Ruang lapang pada leg-room dan head-room memberikan kenyamanan tersendiri, sedangkan pengendara juga dijamin sisi kenyamanan dalm hal ruang pandang yang lapan dari kaca depan maupun belakang. Sayangnya pada jok penumpang belakang posisi duduk masih sedikit tegak serta kerasnya suspensi membaut getaran cukup terasa.


Fitur
Disini letak kesempurnaan yang diusung oleh Mazda CX-5 dari generasi sebelumya. Bisa dibilang kali ini Mazda menanamkan segudang fitur canggih untuk menjadikan CX-5 sebuah SUV yang memberikan nilai lebih bagi penggunanya.
Sebut saja mulai dari i-Activenes, Lane Departure Warning System, Emergency Stop Signal, Hill Launch Assist, Traction Control System, sampai dengan Dynamic Stability Control, bahkan untuk mendukung tingkat efesiensinya fitur idling stop (I-stop) juga disematkan.

Price
Mungkin ini merupakan versi penyempurnaan yang cukup telak dari Mazda untuk menjawab tantangan dari para kompetitornya. Hampir tak ada cela yang kami dapat untuk CX-5 yang saat ini dibandrol sebesar Rp 431 juta. Overall, CX-5 saat ini benar-benar tampil lebih matang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Skull Belt Buckles